Welcome To Co_Tako'_Corp Blog (Mitra P30download)

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Kamis, 13 Desember 2012

KAJIAN KEBIJAKAN KURIKULUM


Kajian SK dan KD SDLB-C1



Kelompok C1 dipandu oleh Dr. Ishartiwi dari UNY dan Dra. Iis Susmiati dari SDLB
Lebak Bulus. Berikut beberapa kesepakatan yang diperoleh melalui diskusi sekelompok
setelah masing-masing sub-kelompok yang dibentuk berdasarkan mata pelajaran
mengkaji masing-masing mata pelajaran:
1) Standar kompetensi (SK) untuk masing-masing mata pelajaran sebagian besar
terlalu tinggi dan melebihi kapasitas kemampuan anak C1
2) Rumusan kompetensi dasar (KD) untuk masing-masing mata pelajaran terlalu
tinggi dan tidak mungkin mampu dicapai oleh siswa C1. Untuk KD yang terlalu
tinggi tersebut harus dibuang.
3) KD yang termasuk ketegori “sulit” namun relevan bagi kebutuhan anak-anak
C1 sehingga dapat digunakan dalam membantu dalam kehidupan sehari-hari,
sebaiknya dijabarkan menjadi indikator yang lebih mungkin tercapai oleh anak

C1.Contoh, kata “mendskripsikan” diganti dengan menunjukkan, menjumlahkan bilangan yang disimbolkan dengan angka sebaiknya diganti dengan kegiatan menjumlah melalui benda konkrit.
4) Arah kebijakan kurikulum C1 tidak perlu dipayungi dengan kelompok mata
pelajaran, tetapi diarahkan untuk kebutuhan pengembangan kompetensi dasar
yang bersifat integratif dan memuat keterampilan fungsional sebagai bekal
hidup di masyarakat.
5) Untuk acuan bagi semua sekolah, perlu dikembangkan model kurikulum yang
memuat rambu-rambu yang didasari karakteristik jenis ketunaan. Untuk
pengaturan struktur kurikulum, sebaiknya diserahkan sepenuhnya ke sekolah.
6) Alokasi waktu dalam kebijakan kurikulum tidak perlu dibagi berdasarkan
semester karena pencapaian kompetensi sangat beragam dan bergantung kepada
keecepatan siswa secara individu.
7) Perlu dikembangkan kompetensi-kompetensi fungsional yang dikembangkan dalam upaya pembinaan bakat istimewa sepert olahraga, seni dan keterampilan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar