MAKALAH ASAS PENDIDIKAN
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Landasan Pendidikan
Pendidikan adalah sesuatu yang
universal dan berlangsung terus tak putus dari generasi ke generasi manapun
didunia ini. Upaya memanusiakan manusia melalui pendidikan itu
diselenggarakan sesuai dengan pandangan hidup dan alam latar sosial-kebudayaan
setiap masyarakat tertentu. Oleh karena itu, meskipun pendidikan itu universal,
namun terjadi perbedaan-perbedaan tertentu sesuai dengan pandangan hidup dan
latar sosiokultural tersebut. Dengan kata lain pendidikan diselenggarakan
berlandaskan filsafata hidup serta berlandaskan sosiokultural setiap
masyarakat, sermasuk di Indonesia. Kajian ketiga landasan itu (filosofis,
sosiologis, dan cultural) akan memebekali setiap tenaga kependidikan dengan
wawasan dan pengetahuan yang tepat tentang bidang tugasnya.
Selanjutnya, terdapat dua landasan
lain yang selalu erat kaitannya dalam setiap upaya pendidikan, utamanya
pengajaran, yakni landasan psikologis dan landasan iptek. Landasan psikologis
akan memebekali tenaga pendidikan dengan pemahaman perkembangan peserta didik
dan cara-cara belajarnya. Sedangkan landasan iptek akan membekali tenaga
kependidikan dengan pemahaman perkembangan peserta didik dan cara-cara
belajarnya. Sedangkan landasan iptek akan membekali tenaga kependidikan,
khususnya guru, tentang sumber bahan ajaran. Pengkajian landasan psikologis dan
landasan iptek tersebut akan membekali tenaga kependidikan suatu pegangan dalam
mewujudkan keseimbangan dan keselarasan yang dinamis antara pengembangan jati diri
peserta didik dan penguasaan iptek tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar