Welcome To Co_Tako'_Corp Blog (Mitra P30download)

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Kamis, 22 November 2012

PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN


BAB I
PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

   A.    LATAR BELAKANG SEJARAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN.
Teknologi Pembelajaran, sebagai satu bidang keilmuan, memang tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual. Terutama pasca Perang Dunia II, Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Jadi, istilah itu sinonim dengan konsep ”mengajar berbantuan peralatan audio-visual”
Bidang keilmuan ini merupakan hasil dari tumbuh kembang 3 aliran yang saling berkepentingan, yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan. Edgar Dale dan James Finn merupakan 2 tokoh yang berjasa dalam pengembangan Teknologi Pembelajaran modern dan definisinya pada masa-masa awal. Edgar Dale mengemukakan tentang Kerucut Pengalaman (Cone of Experience) sebagaimana tampak dalam gambar berikut ini :


Simbol
Verbal




Simbol
Visual
Bagan, Diagram, Grafik dan sejenisnya

Rekaman Radio
Foto, ilustrasi, slide, dan sejenisnya

Film
Film, tuntunan diskusi

                                      Televisi
Video, tape, tuntunan diskusi

Pameran
Poster, display, papan bulletin

Darmawisata
Tuntunan observasi

Demonstrasi
Alat-alat, bahan mentah, papan tulis

Pengalaman yang didramatisir
Wayang, skrip, drama

Pengalaman yang Logis
Model, obyek, specimen

Pengalaman langsung bertujuan
Manual, tuntunan observasi
Gambar diatas menjelaskan analogi tingkat pengalaman dari yang bersifat langsung hingga ke pengalaman melalui simbol-simbol komunikasi, yang merentang dari yang bersifat kongkrit ke abstrak, dan tentunya memberikan implikasi tertentu terhadap pemilihan metode dan bahan pembelajaran, khususnya dalam pengembangan Teknologi Pembelajaran.
Pemikiran Edgar Dale tentang Kerucut Pengalaman ini merupakan upaya awal untuk memberikan alasan atau dasar tentang keterkaitan antara teori belajar dengan komunikasi audio visual. Kerucut Pengalaman Dale telah menyatukan teori pendidikan Jhon Dewey (salah satu tokoh aliran peogresivisme) dengan gagasan-gagasan dalam bidang psikologi yang tengah populer pada masa itu.
Sedangkan, James Finn seorang mahasiswa tingkat doktoral dari Edgar Dale berjasa dalam  mengusulkan bidang komunikasi audio-visual menjadi Teknologi Pembelajaran yang kemudian berkembang hingga saat ini menjadi suatu profesi tersendiri. Gagasan Finn mengenai integrasi sistem dan proses 

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus