Sejarah perkembangan teknologi pendidikan
PERKEMBANGAN
PENDIDIKAN
Pendidikan telah berlangsung
sejak awal peradaban dan budaya manusia. Bentuk dan cara pendidikan itu telah
mengalami perubahan, sesuai dengan perubahan, sesuai dengan perubahan zaman dan
tuntutan kebutuhan. Pada awal peradaban, orangtua bersama kelompoknya
bertanggungjawab dalam mendidik anak-anak mereka hingga mencapai kedewasaan.
Bila orangtua atau keluarganya hidup dengan bertani, maka anak-naknya juga diajar
bertani melalui pengalaman langsung. Demikian juga, kalau oranguanya berdagang,
maka anak-anaknya juga diajar berdagang, pada masa itu belum ada program
pendidkan yang dilaksanaakan di luar lingkungan keluarga atau kelompok oleh
orang-orang di luar keluarga atau kelompok, atau pendidikan yang terstruktur.
Kapan pendidikan terstruktur
mulai dilaksanakan, dan apa tujuan dan caranya ? tidak ada yang dapat
memastikan bahwa pendidikan terstruktur dimulai. Dokumen tertulis mengenai
perkembangan pendidikan sejak awal peradaban lebih banyak berdasarkan para
sejarawan yang mengkaji perkembangan kebudayaan barat.
1.
Metode
kaum sufi
Tampaknya konsep teknologi
pengajaran merupakan gejala baru di dalam dunia pendidikan dan latihan. Namun,
sebenarnya konsep yang mendasarinya telah berkembang selama berabad-abad dari
hasil pemikiran dan konsep-konsep pengajaran sebelumnya.
Perkembangan dari berbagai metode
pengajaran merupakan tanda lahirnya teknologi pendidikan yang dikenal saat ini.
Sekalipun dari latar belakang sejarahnya, metode pengajaran terkandung
konsep-konsep yang mempengaruhi cara berpikir, bertindak, penelitian dan
pengembangan pengajaran yang kemudian dikenal sebagai teknologi pengajaran.
Beberapa pendidik di
masa lampau, yaitu golongan sofi di yunani, menyadari adanya masalah-masalah di
dalam proses belajar-mengajar, misalnya masalah persepsi, motivasi, perbedaan
individual di dalam mengajar, dan masalah evaluasi untuk tiap-tiap individu.
Untuk tu diperlukan perbedaan stategi pengajaran agar dapat menghasilkan
tingkah laku yang berbeda-beda. Para ahli pendidikan menduga bahwa golongan
sofi pada pertengahan masa kedua abad ke-50 SM, yang datang dari berbagai
wilayah yunani kuno (hellas) dan mengembara ke athena, merupakan kaum teknologi
pengajaranyang pertama. Pada masa itu belum ada lembaga pendidikan atau
sekolah, dan mereka pergi mengembara dan bekerja sebagai guru mandiri untuk
memperoleh upah dari hasil kerja mengajarnya. Mereka menyampaikan pelajaran
dengan berbagai cara atau teknik. Mula-mula mereka menjelaskan.Selengkapnya...
Co_Takok_Corp: Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Co_Takok_Corp: Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Co_Takok_Corp: Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK