Welcome To Co_Tako'_Corp Blog (Mitra P30download)

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Kamis, 13 Desember 2012

Hakikat KBK


Hakikat KBK

Kurikulum, dalam arti sempit diartikan sebagai susunan mata
pelajaran yang harus diajarkan agar peserta didik memiliki kemam-
puan. Bila ditelaah lebih jauh sebetulnya makna kurikulum tidak hanya
sekedar susunan sejumlah mata pelajaran, tetapi masih ditambah lagi dengan
jabaran-jabaran metode pelaksanaannya. Kurikulum dapat diartikan sebagai
sejumlah aktivitas dan pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik di
bawah bimbingan, pengarahan dan bantuan sekolah (Finch dan Crunkilton,
1993). FA. Agus Wahyudi (2003: 15) menyebutkan bahwa, KBK merupakan
salah satu pendekatan dalam implementasi kurikulum yang memberikan
pelayanan terhadap peserta didik agar kemampuan mereka berkembang secara
optimal sesuai potensi yang dimiliki. Menurutnya, yang perlu ditekankan
dalam pembelajaran bukanlah apa yang harus peserta didik pelajari (learn-
ing what to be learned), melainkan belajar bagaimana belajar (learning how
to learn).
Ada dua hal penting yang tersirat dalam batasan kurikulum tersebut.
Pertama, yang menjadi fokus utama dari kurikulum adalah peserta didik, dan
kedua pengalaman dan kegiatan belajar. Dengan demikian, dapat dikatakan
bahwa kurikulum pada dasarnya merupakan seperangkat kegiatan dan penga-
laman belajar yang direncanakan, dibimbing, dan diarahkan oleh sekolah.
Kompetensi, menurut Pardjono dan Wardan S. (2003:3) adalah
seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki
seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat
dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu. Di
bagian lain, Depdiknas (2002) memberikan batasan bahwa kom-
petensi adalah perpaduan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar
yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Kebiasaan berpikir dan bertindak secara konsisten dan terus menerus memungkinkan seseorang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar