Teknologi pendidikan adalah tenologi
& praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta
evaluasi proses dan sumber untuk belajar.
1.
Defenisi (Elly, 1963).
Komunikasi audio visual adalah cabang
dari teori dan praktrek pendidikan, terutama berkepentingan dengan mendesain
dan menggunakan pesan guna pengendalian proses belajar. Kegiatannya meliputi :
a. Mempelajari kelemahan, kelebihan yang unik maupun
yang relatif dari pesan, baik yang dituangkan dalam bentuk gambar maupun yang
bukan, dan yang digunakan untuk tujuan apapun dalam proses belajar.
b. Penstrukturan & sistematisasi pesan oleh orang
maupun instrumen dalam lingkungan pendidikan. Kegiatan ini meliputi
perencanaan, produksi, pemilihan, manajemen dan pemanfaatan dari komponen
maupun pemanfaatan tiap metode & medium komunikasi secara efektif untuk
membantu pengembangan potensi belajar secara maksimal.
2.
Definisi AECT 1963.
Komunikasi
audio visual adalah cabang dari teori dan praktek pendidikan yang terutama
berkepentingan dengan mendisain dan menggunakan pesan guna mengendalikan proses
belajar. Kegiatannya meliputi ; a) mempelajari kelemahan dan kelebihan, yang
unik maupun relatif, dari pesan baik yang diungkapkan dalam bentuk gambar,
maupun yang bukan, dan yang digunakan untuk tujuan apapun dalam proses belajar,
dan b) penstrukturan dan sistematisasi pesan oleh orang maupun instrumen dalam
lingkungan pendidikan. Kegiatan ini meliputi perencanaan, produksi, pemilihan,
manajemen dan pemanfaatan dari komponen maupun keseluruhan sistem pembelajaran.
Tujuan
praktisnya ialah pemanfaatan tiap metode dan medium komunikasi secara efektif
untuk membantu pengembangan potensi pebelajar (orang yang belajar) secara
maksimal (Ely, 1963:18-19).
3.
Defenisi
(Komisi TP, 1970).
Teknologi Pembelajaran adalah : usaha sistematis
dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi keseluruhan proses belajar mengajar
untuk suatu tujuan khusus serta didasarkan penelitian tentang proses belajar
dan komunikasi pada manusia yang menggunakan komunikasi sumber manusia dan non
manusia agar belajar berlangsung efektif.
4.
Definisi Komisi Teknologi Pembelajaran 1970.
Dalam pengertian yang lebih umum (teknologi
pembelajaran) berarti media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi
yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran disamping guru, buku teks dan
papan tulis….. bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah: televisi,
film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya, serta
Teknologi Pembelajaran merupakan usaha sistematik dalam merancang,
melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan mengajar untuk
suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses dan
komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan
non-manusia agar belajar dapat berlangsung efektif (Commision on
Instructional Technology,1970:21).
5.
Defenisi (Mac
Kennie dan Eraut 1971).
Teknologi Pendidikan merupakan studi sistematik mengenai cara bagaimana
tujuan pendidikan dapat dicapai.Selengkapnya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar