Welcome To Co_Tako'_Corp Blog (Mitra P30download)

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Rabu, 12 Desember 2012

Pengertian Teknologi Pendidikan


Teknologi pendidikan adalah tenologi & praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar.
  1.      Defenisi  (Elly, 1963).
Komunikasi audio visual adalah cabang dari teori dan praktrek pendidikan, terutama berkepentingan dengan mendesain dan menggunakan pesan guna pengendalian proses belajar. Kegiatannya meliputi :
a.       Mempelajari kelemahan, kelebihan yang unik maupun yang relatif dari pesan, baik yang dituangkan dalam bentuk gambar maupun yang bukan, dan yang digunakan untuk tujuan apapun dalam proses belajar.
b.      Penstrukturan & sistematisasi pesan oleh orang maupun instrumen dalam lingkungan pendidikan. Kegiatan ini meliputi perencanaan, produksi, pemilihan, manajemen dan pemanfaatan dari komponen maupun pemanfaatan tiap metode & medium komunikasi secara efektif untuk membantu pengembangan potensi belajar secara maksimal.



  2.      Definisi AECT 1963.
Komunikasi audio visual adalah cabang dari teori dan praktek pendidikan yang terutama berkepentingan dengan mendisain dan menggunakan pesan guna mengendalikan proses belajar. Kegiatannya meliputi ; a) mempelajari kelemahan dan kelebihan, yang unik maupun relatif, dari pesan baik yang diungkapkan dalam bentuk gambar, maupun yang bukan, dan yang digunakan untuk tujuan apapun dalam proses belajar, dan b) penstrukturan dan sistematisasi pesan oleh orang maupun instrumen dalam lingkungan pendidikan. Kegiatan ini meliputi perencanaan, produksi, pemilihan, manajemen dan pemanfaatan dari komponen maupun keseluruhan sistem pembelajaran.
Tujuan praktisnya ialah pemanfaatan tiap metode dan medium komunikasi secara efektif untuk membantu pengembangan potensi pebelajar (orang yang belajar) secara maksimal (Ely, 1963:18-19).

  3.      Defenisi (Komisi TP, 1970).
                  Teknologi Pembelajaran adalah : usaha sistematis dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi keseluruhan proses belajar mengajar untuk suatu tujuan khusus serta didasarkan penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan komunikasi sumber manusia dan non manusia agar belajar berlangsung efektif.

  4.      Definisi Komisi Teknologi Pembelajaran 1970.
Dalam pengertian yang lebih umum (teknologi pembelajaran) berarti media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran disamping guru, buku teks dan papan tulis….. bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah: televisi, film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya, serta Teknologi Pembelajaran merupakan usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan mengajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan non-manusia agar belajar dapat berlangsung efektif (Commision on Instructional Technology,1970:21). 

  5.      Defenisi (Mac Kennie dan Eraut 1971).
Teknologi Pendidikan merupakan studi sistematik mengenai cara bagaimana tujuan pendidikan dapat dicapai.
Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar